7 Cara Mengetahui iPhone Asli dan Palsu (Replika)

Advertisement
Jika Kamu hendak membeli iPhone hendaknya mengerti dulu cara mengetahui iPhone asli atau palsu dan juga iPhone apa yang akan kamu beli, karena smartphone milik Apple satu ini memang sangat terkenal. Selain karena desain dan juga fitur yang diberikan kepada penggunanya sangatlah mewah, harga yang diberikan pun juga sangat sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan jika kita membeli smartphone bernama iPhone ini.

Cara Mengetahui iPhone Asli

Namun perlu Kamu ketahui bahwa iPhone ini sangat terkenal sudah pasti ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab karena untuk meraup keuntungan, untuk itu buat kamu yang hendak membeli iPhone sangat dianjurkan tahu cara mengetahui iPhone asli atau palsu dengan membaca Artikel ini sampai selesai agar supaya nantinya kita tidak mendapatkan iPhone Palsu / replika / KW.

Apa itu iPhone Replika / KW / Palsu?

iPhone KW atau Replika maupun Palsu ataupun yang paling bawah Super Copy adalah iPhone yang sengaja diproduksi untuk dijual kepada para konsumen yang tidak mengetahui sebenarnya iPhone tersebut. Selain karena disengaja untuk dijual, iPhone KW atau replika ini juga dibeli oleh konsumen yang memang sengaja ingin dilihat lebih kece oleh temannya dan juga memang dia tahu iPhone tersebutlah palsu. Oleh karena itu sangatlah penting memahami cara mengetahui iPhone asli atau palsu.

Perlu diketahui juga bahwa Apple secara resmi mengeluarkan iPhone Rekondisi resmi dari mereka.

Apa Itu iPhone Rekondisi?

iPhone Rekondisi biasa disebut juga dengan iPhone Refurbished maksudnya adalah Smartphone iPhone yang diproduksi ulang oleh perusahaan resminya dengan komponen bekas namun masih terasa sama seperti aslinya. Meski ada embel-embel rekondisi, bukan berarti iPhone yang dibeli konsumen gampang rusak. iPhone rekondisi adalah iPhone yang ‘dipermak’ ulang Apple dengan komponen bekas.

Namun iPhone Rekondisi ini juga tidak hanya diproduksi Apple saja, melainkan juga direkondisi oleh buatan negara lokal dan tentunya pasti memiliki perbedaan terutama pada bagian teknis yaitu:
  • Dus/packaging seperti dijual baru
  • Aksesoris disertakan non-original
  • Harga yang ditawarkan lebih murah
  • Garansi yang ditawarkan sekitar 1 (satu) bulan
  • Jika dicek di http://selfsolve.apple.com maka garansi serta dukungan untuk perangkat telah EXPIRED
Sedangkan untuk rekondisi resmi dari Apple adalah sebagai berikut:
  • Packaging menggunakan box khusus lengkap dengan label serta bertuliskan "Apple Certified Pre-Owned" pada bagian depan bawah
  • Aksesoris yang disertakan baru dan original
  • Harga yang ditawarkan lebih tinggi dari iPhone rekondisi lokal
  • Garansi resmi dari Apple yang berlaku selama 1 (satu) tahun dan berlaku internasional
  • Jika dicek di http://selfsolve.apple.com garansi beserta support berlaku selama 1 tahun semenjak box pertama kali dibuka dan perangkat diaktifasi
  • Biasanya, iPhone refurbished resmi adalah produk dari 2 generasi ke belakang. Jika misalnya generasi yang paling update saat ini ialah iPhone 6, maka versi refurbished yang dilepas ke pasaran adalah iPhone 5, terpaut dua generasi dibawah iPhone 6 atau satu generasi dibawah iPhone 5S.
Jadi sudah paham sekarang apa itu iPhone Rekondisi yang sudah dijabarkan diatas sekarang kita lanjut kepembahasan sebenarnya yakni cara mengetahui iPhone Asli.
Sebenarnya sangatlah mudah mengecek keaslian iPhone bagi yang sudah paham dunia tekno namun bagi kaum awan sangat dianjurkan mengetahui agar supaya tidak tertipu.

Berikut ini 7 Cara Mengetahui iPhone Asli dan Palsu (Replika)

1. Harga iPhone Sangat Tidak Masuk Akal? Palsu!

Seperti yang kita tahu bahwa produk Apple satu ini sangatlah terjamin, karena fitur yang diberikan sangat sebanding dengan harga yang ditawarkan. Namun jika kamu menemukan penjual yang menawarkan harga sangat murah patut untuk dicurigai.

Selain itu biasanya penjual yang jujur akan memberikan spesifikasi iPhone tersebut seperti Jual iPhone Rekondisi atau iPhone Refurbished seperti yang dijelaskan diatas.

2. App Store Bukan Play Store

Cara Mengetahui iPhone Asli dan Palsu

iPhone replika atau palsu sangat mudah diketahui dan identik di bagian ini, karena pusat download di iPhone berada pada aplikasi App Store. Sedangkan rata-rata iPhone replika letak pusat downloadnya di Play Store yang sudah pasti bukan milik iPhone.

3. Cek IMEI atau Serial

Cara Mengetahui iPhone Asli dan Palsu

Cara terbaik lainnya kita harus mengetahui nomor seri iPhone kita, untuk cara cek no seri iPhone yaitu di dalam sistem iOS, di belakang iPhone, dan di box kemasan iPhone. Pastikan IMEI yang tertera di ketiga tempat tersebut sama. Meskipun serial dan nomer IMEI bisa saja menipu kita, namun ada beberapa hal yang perlu dan penting untuk diperhatikan agar kamu bisa membedakan iPhone yang asli dan yang palsu. Setelah yakin sama, langsung saja buka situs web Apple ini https://checkcoverage.apple.com/id/in/.

4. Menggunakan Retina Display

Cara Mengetahui iPhone Asli dan Palsu

Retina Display merupakan salah satu produk milik Apple yang digunakan sejak peluncuran iPhone 4 dan iPod generasi keempat.

Untuk membedakan iPhone kamu replika atau bukan dengan cara ini harus ada teman yang punya iPhone letakan sejajar dan lihat perbedaanya jika iPhone kamu terlihat buram sudah dipastikan itu iPhone Super Copy. Dengan cara memperhatikan layar iPhone saja, kita bisa membedakan apakah perangkat yang secara penampilan menyerupai iPhone tesebut memang iPhone asli ataukah palsu.

5. Screenshot dengan Tombol Power + Home

Cara Mengetahui iPhone Asli dan Palsu

Pada dasarnya hampir semua produk iPhone memiliki tombol screenshot sama kecuali produk iPhone terbaru yakni iPhone X. Namun karena produk KW kebanyakan versi lama jika tidak bisa melakukan screenshot dengan menggunakan tombol Power + Home sudah dipastikan produk tersebut abal-abal atau palsu.

6. Pakai iTunes

Cara Mengetahui iPhone Asli dan Palsu

Cara selanjutnya kita harus menggunakan perangkat tambahan yakni Laptop atau PC dan instal iTunes yang berguna untuk mengecek keaslian iPhone kita. Jika langsung terdeteksi di iTunes sudah dipastikan iPhone kita adalah asli, dan akan tersinkron.

7. Tidak Terdapat Memori Eksternal

Cara Mengetahui iPhone Asli dan Palsu

iPhone asli tidak memiliki slot memory, jika iPhone kamu memiliki slot memory atau tempat untuk memasukkan kartu memori sudah dipastikan iPhone kamu palsu.
Simak jugaPaket Internet Murah Indosat Ooredoo dan IM3, 2GB Cuma 39 Ribu
Jika kamu sudah mantap dan sudah yakin tidak ada kendala diatas segera beli iPhone kamu dan rasakan sensasi yang diberikan iPhone serta nikmati fitur yang diberikan, akhir kata dari Sutekno.com semoga artikel cara mengetahui iphone asli ini bisa membantu kamu.