5 Cara Memperbaiki Fingerprint (Sidik Jari) Tidak Berfungsi di Samsung

Advertisement
Fingerprint atau sensor sidik jari merupakan teknologi terbaru yang hampi di merk ponsel terbaru sudah di benamkan fitur ini, biasanya smartphone dengan harga 1,5jt keatas sudah bisa menikmati fitur keren yang satu ini. Contohnya seperti Xiaomi Redmi 3S, dengan harga sekitar 1,7-1,9jt anda sudah bisa membawa pulang smartphone dengan fitur fingerprint.

fingerprint samsung
Source : 9to5Google.com
Bagi anda pengguna Samsung seperti Galaxy J7 prime, Galaxy J5 prime, Galaxy A5 2017, Galaxy A3 2017 dan semacamnya adalah contoh smartphone samsung yang di semati fitur sensor sidik jari, biasanya akan mengalami error seperti tidak berfungsi, kurang peka dan masalah lainnya. Maka dari itu disini kami Sutekno.com akan memberikan beberapa tips yang bisa anda coba atas masalah tersebut.

Tips Memperbaiki Fingerprint Samsung yang Bermasalah

Jika anda mengalami masalah dengan fitur sidik jari di samsung anda, jangan buru-buru untuk membawanya ke tukang service, mungkin saja ada beberapa pengaturan yang tidak sesuai atau hanya karena ponsel dalam keadaan error.

Sebaiknya coba dulu beberapa langkah berikut ini.

1. Bersihkan Cache Aplikasi Fingerprint

Taukah anda bahwa cache juga bisa menyebabkan error terhadap suatu aplikasi, tidak terkecuali dengan fitur fingerprint di samsung, silahkan ikuti langkah berikut ini untuk membersihkan cache di aplikasi fingerprint.
  1. Pergi ke menu Setting
  2. Pilih Application Manager
  3. Pilih All
  4. Tap Fingerprint
  5. Dan Clear cache

2. Reset Data Fingerprint

Mungkin sebelumnya anda terlalu banyak merekam sidik jari, dan itu bisa saja terjadi error pada fitur ini. Jadi kalau misal dengan cara nomor 1 masih belum bisa, silahkan ikuti langkah berikut:
  1. Pergi ke Setting
  2. Ke Application Manager
  3. Pilih All lalu tap Fingerprint
  4. Dan pilih Clear data
Karena dengan cara ini semua data sidik jari akan di hapus, maka untuk mengaktifkannya kembali anda perlu untuk melakukan setting ulang untuk sidik jari anda.

3. Reboot Smartphone

Jika dengan dua cara diatas Samsung anda masih belum juga hilang errornya, maka kami sarankan coba lakukan reboot (matikan lalu hidupkan kembali perangkat) agar ponsel dapat memulai ulang.

4. Reset Ulang Ponsel (Kembali ke pengaturan awal)

Mungkin penyebab error tidak hanya disebabkan oleh aplikasi fingerprint saja, jadi silahkan lakukan reset ulang ponsel dengan menggunakan fitur yang sudah di ada di Setting.

5. Factory Reset

Ini adalah cara final apabila semua cara diatas sudah anda lakukan namun tetap saja fingerprint tidak berfungsi dengan baik. Silahkan backup terlebih dahulu data-data penting seperti kontak, file foto dan video karena proses Factory Reset ini akan menghapus semua data yang ada di penyimpanan internal anda.
  1. Untuk melakukan Factory Reset bisa dengan:
  2. Masuk ke Setting
  3. Pilih Backup and Reset
  4. Pilih Factory Reset
  5. Lalu pilh Reset Device
Peringatan! : Untuk ponsel samsung keluaran terbaru biasanya sudah disisipkan fitur FRP dimana ini akan berfungsi jika ponsel di reset ulang, jadi jika anda tidak ingat terhadap Email dan Password akun Google pertama yang ada pada ponsel tersebut, sebaiknya urungkan niat anda untuk melakukan cara nomor 4 dan 5.
Baca juga : 2 Cara Menaikan Versi Android Apa Saja (Samsung, Oppo, Xiaomi)
Perlu anda ketahuai bahwa 5 cara mengatasi fingerprint samsung tidak berfungsi diatas adalah cara untuk memperbaiki dari segi software atau perangkat lunak. Nah jika yang bermasalah justru adalah hardware, maka kami sarankan anda untuk membawanya ke service center resmi Samsung.