5 Tips Belajar DJ Bagi Pemula di Laptop dan Android

Tips belajar dj di laptop dan android bagi pemula – Menjadi seorang DJ merupakan salah satu pekerjaan yang keren dan membanggakan. Meskipun sebagian orang menilai negatif, seorang DJ bisa mengkomposisi dan mengaransemen berbagai lagu. Terlebih lagi, menjadi DJ bisa membuat orang bahagia dengan alunan musiknya.

5 Tips Belajar DJ bagi Pemula

Namun, menjadi seorang DJ bukanlah sebuah profesi yang mudah. Cara belajarnya cukup rumit dan tentunya butuh budget besar karena alat-alatnya yang nggak murah. Nah, buat Anda yang ingin menajdi DJ, berikut 5 tips belajar DJ bagi pemula.

Tips Sukses Belajar DJ bagi Pemula untuk Pengguna Laptop dan Android

1. Mempersiapkan Mental

Kenapa mental menjadi daftar teratas dalam tips menjadi DJ? Yup, mental merupakan salah satu komponen penting dalam belajar DJ karena nantinya untuk menjadi DJ membutuhkan proses belajar yang panjang. Selain itu, pekerjaan sebagai DJ identik dengan dunia malam sehingga memerlukan mental yang kuat agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

2. Mengenali Alat dan Fungsinya

Tips kedua yang wajib diikuti yaitu belajar alat-alat yang digunakan untuk menjadi DJ. Profesi DJ mengusung banyak alat music elektrik modern yang memiliki banyak tombol di dalamnya.

Sebagai awalan dalam belajar DJ, pastikan Anda mempelajari terkait alat tersebut beserta fungsi tombol yang ada di dalamnya. Pengetahuan terkait alat ini tidak boleh setengah-setengah, jadi harus dipastikan agar menguasai semua komponennya.

3. Mengikuti Kursus

Karena belajar DJ nggak mudah sebaiknya Anda melakukan kursus. Dengan mengikuti kursus, nantinya kita akan dibimbing tahap demi tahap terkait menjadi DJ. Kita akan diajari semua hal terkait DJ mulai dari dasar hingga level tertentu. Biasanya, pemula akan diajarkan dasar-dasar alat musik, jenis musik, cara mengaransemen dan mengkomposisi lagi.

Di sisi lain, pemula juga akan diajarkan beragam teknik yang bisa digunakan untuk melakukan mixing 2 atau lebih lagu seperti teknik speed hunting atau cueing.

Selain itu, salah satu alasan kenapa kursus adalah hal wajib untuk menjadi DJ yaitu dengan melakukan kursus, otomatis mereka sudah menyiapkan semua alat-alat DJ sehingga kita tidak perlu boros membeli alat terlebih dahulu.

4. Latihan Rutin

Latihan rutin adalah agenda wajib yang tidka boleh dilewatkan dalam belajar DJ. Sebagai pemula ataupun pro, latihan rutin tidak hanya berfungsi untuk memahami dan menguasai masing-masing tombol dalam alat Dj, tetapi juga sangat ampuh untuk melatih kepekaan telinga.

Semakin peka telinga Anda, maka mixing lagu juga akan semakin mudah. Kepekaan telinga ini berfungsi untuk mengetahui kesamaan dan perbedaan nada serta perbedaan ketukannya sehingga nantinya saat melakukan mixing dan arensemen bisa menghasilkan lagu yang berkualitas dengan tempo yang selaras.

5. Pantang Menyerah

The last, dalam belajar DJ untuk pemula tidak boleh ada kata menyerah. Biasanya, pada saat awal kita sangat bersemangat, namun seringkali mereka yang belajar DJ mengalami lelah dan ingin menyerah ketika mempelajari banyak teknik yang rumit.

Apalagi jika berkaitan dengan melatih kepekaan telinga dimana setiap orang memiliki daya tangkap yang berbeda. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya terapkan prinsip pantang menyerap dari awal hingga akhir dan selalu berfikir posiitf bahwa Anda bisa melakukannya. Percayalah bahwa setiap proses yang dilakukan akan membawa hasil yang baik.

Alternatif Belajar DJ di Android dengan Budget Minim

Bagi kamu yang belum sanggup membeli alat dj lantaran harganya yang mahal, kamu bisa memanfaatkan smartphone Android untuk belajar dj dari dasar. Sudah banyak sekali aplikasi dj baikĀ  yang gratis dan versi premium (berbayar) yang bisa kita temukan di play store.

Nah, itulah tadi beberapa tips seputar belajar DJ yang bisa dijadikan referensi oleh para pemula. Semoga tips tersebut bermanfaat dan selamat belajar untuk menjadi seorang DJ professional.