5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Jika membeli handphone type android terkadang banyak aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan sangat mengganggu. Apabila pemilik handphone mulai terganggu dengan aplikasi bawaan handphone yang sering menyebabkan error maka bisa menghapusnya. Banyak cara menghapus aplikasi bawaan yang bisa dilakukan untuk semua handphone android.

5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Terutama buat hp keluaran terbaru yang menyertakan banyak sekali aplikasi bawaan seperti Vivo, Xiaomi dan Oppo. Padahal aplikasi tersebut tidak terlalu penting untuk kita dan bahkan kita tidak menggunakannya sama sekali dalam waktu yang lama.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Menghapus aplikasi bawaan tanpa root memang tidak bisa diaplikasikan pada semua handphone android. Hal itu karena, tidak semua hp android memperbolehkan pengguna menghapus aplikasi bawaan karena berbagai alasan.

Namun bukanlah hal yang mustahil hal itu tetap bisa dilakukan, ini cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root:

1. Uninstall Aplikasi

Untuk beberapa handphone android sudah mengijinkan pengguna untuk menghapus aplikasi bawaannya. Oleh karena itu pengguna tidak perlu melakukan rooting sebelum menghapus aplikasi bawaan android.

Cukup lakukan uninstall pada aplikasi bawaan yang dirasa mengganggu dan sering membuat handphone error.

Buka fitur setting pada hp android dan pilih menu apps untuk melihat semua aplikasi yang ada pada hp android yang digunakan. Setelah itu pilih aplikasi bawaan yang dimaksud dan ingin dihapus, klik checklist untuk membuka app info.

Simak juga:  Cara Melacak Keberadaan No Hp Melalui Google Maps

Disana ada pilihan uninstall dan force stop, pilih uninstall untuk menghapus aplikasi bawaan yang mengganggu atau tidak dibutuhkan.

2. Lakukan Disable Aplikasi

Jika aplikasi bawaan yang dimaksud tidak bisa diuninstall maka lakukan disable aplikasi terlebih dahulu. Caranya sama, masuk ke fitur setting kemudian pilih menu apps, lalu kemudian cari aplikasi bawaan yang akan dihapus.

Setelah menemukan aplikasi bawaan yang dimaksud maka klik check list pada box maka akan muncul App Info, di dalamnya akan muncul pilihan disable dan force stop.

Klik disable untuk menghapus aplikasi bawaan yang dimaksud, setelah klik pasti muncul peringatan agar tidak mendisable aplikasi penting. Jika sudah yakin maka bisa klik OK untuk mendisable aplikasi bawaan yang dirasa mengganggu.

3. Klik Force Stop

Untuk aplikasi yang tidak bisa di disable atau dinonaktifkan maka bisa klik force stop (paksa berhenti). Bisanya aplikasi yang tidak bisa didisable adalah aplikasi yang masih berjalan di background, dan harus dihentikan secara paksa. Setelah diberhentikan paksa maka aplikasi akan berhenti secara otomatis dan bisa di disable.

4. Lakukan Disable Aplikasi Kembali

Setelah aplikasi berhasil di force stop atau dihentikan paksa aplikasi memang sudah berhenti tapi masih terinstall. Untuk itu lakukan disable kembali untuk menguninstall aplikasi bawaan yang dimaksud.

Caranya mudah klik pilihan disable pada app info yang muncul, kemudian tekan OK jika sudah yakin akan menghapus aplikasi bawaan yang dimaksud.

Simak juga:  Cara Nonton Offline Drama Korea di VIU, Bisa Juga via Laptop / PC

5. Aplikasi Telah Terhapus

Setelah melakukan 4 langkah diatas maka cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root sudah selesai dilakukan. Aplikasi bawaan yang dianggap mengganggu sudah terhapus dari handphone android pengguna sehingga tidak akan menyebabkan masalah lagi.

Pengguna juga bisa mengurangi beban memori handphone androidnya dan menggunakan untuk yang lain.

Sebenarnya masih banyak cara untuk menghapus aplikasi bawaan android secara permanen yaitu dengan aplikasi penghapus dan cara terbaik dengan rooting. Namun memang terkadang rooting akan membersihkan aplikasi handphone secara total.

Baca juga :

Nah, itulah cara menghapus aplikasi bawaan Hp android yang bisa dilakukan jika aplikasi bawaan mulai mengganggu. Dengan demikian hp android akan menjadi lebih ringan dengan jumlah aplikasi yang tidak terlalu banyak dan tidak membebani sistem. Handphone tidak akan sering error lagi jika aplikasi-aplikasi bawaan yang mengganggu sudah dihapus.

You May Also Like

About the Author: Arifin