5 Penyebab HP Cepat Panas dan 5 Cara Mengatasinya

Tidak memegang smartphone selama sehari saja rasanya sangat mustahil, saya sendiri jika setengah hari saja tidak memegang hp rasanya tidak bisa. Sebab ada banyak yang bisa kita lakukan dengan smartphone seperti bersosial media, chatting dan lainnya. Namun penggunaan yang terlalu sering juga dapat menyebabkan smartphone menjadi panas.

5 Penyebab HP Cepat Panas dan 5 Cara Mengatasinya

Penyebab hp cepat panas bisa berdampak pada baterai nya atau mesin pada handphone tersebut. Pasti saat handphone sudah terasa panas akan membuat tidak nyamannya pengguna. Apalagi saat kiat bermain game dalam keadaan paket internet aktif.

Ada beberapa penyebabnya dan pada artikel ini kami akan memberikan beberapa tips dan cara mengatasi handphone cepat panas.

Penyebab Hp Android Cepat Panas

Ada berbagai alasan atau penyebab yang membuat handphone menjadi panas. Dibawah ini ada beberapa penyebab handphone panas, sehingga bisa mengatasinya.

1. Terlalu Lama Bermain Game

Yang pertama adalah handphone sudah terlalu dipakai untuk bermain game. Apalagi jika game yang dimainkan tergolong game berat, seperti PUBG, ML, dll. Game tersebut akan membuat GPU bekerja lebih keras, apalagi jika dimainkan dalam waktu lama.

Terlalu Lama Bermain Game

Jika handphone sudah terasa panas sebaiknya berhenti dahulu bermain game. Karena idealnya untuk bermain game berat di handphone hanya membutuhkan waktu 1-3 jam sana.

2. Streaming Terlalu Lama

Alasan yang membuat handphone cepat panas selanjutnya ialah terlalu lama menggunakan aplikasi streaming. Dikarenakan streaming membutuhkan daya yang besar dan layar handphone nyala terus.

Simak juga:  Cara Melacak Keberadaan No Hp Melalui Google Maps

Apabila biasanya jika sudah streaming membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Apalagi kalau sudah melihat film yang bagus, sekarang pun banyak aplikasi untuk streaming selain youtube.

3. Pengaturan Belum Maksimal

Pengaturan yang belum maksimal juga bisa menjadi salah satu alasan handphone menjadi panas. Seperti tingkat kecerahan pada layar yang terlalu terang, menggunakan banyak widget juga membuat handphone cepat panas. Atau ada banyak hal yang ada di pengaturan sehingga membuat handphone cepat panas.

4. Faktor Cuaca

Dan salah satu alasan handphone cepat panas adalah cuaca dan lingkungan. Apalagi jika cuaca saat sedang teriknya hindari handphone berkontak langsung dengan matahari.

Simpan handphone di tempat yang teduh dan jangan biarkan terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung. Selain membuat handphone cepat panas sinar matahari juga akan membuat baterai cepat habis.

5. Terlalu Banyak Aplikasi

Terlalu Banyak Aplikasi

Nah, ini yang menjadi salah satu penyebab hp cepat panas, tetapi banyak orang yang menyepelekannya. Yaitu banyaknya aplikasi yang dijalankan secara bersamaan. Tidak hanya membuat handphone panas saja tetapi juga dapat menguras baterai lebih cepat habis.

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

Sesudah mengetahui alasan hp cepat panas, dibawah ini adalah tips atau cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut :

1. Menggunakan Charger Asli

Saat mengisi daya baterai handphone gunakan charger yang asli atau original. Jika charger yang asli rusak jangan belilah charger sembarangan. Jika tidak memungkinkan mendapatkan charger ori, silahkan beli merk lain yang bagus dan sudah mendapatkan review bagus dari penggunanya.

Simak juga:  Cara Menampilkan Nama/Tulisan di Status Bar Android Tanpa Root

2. Matikan GPS, Bluetooth, WiFi

Untuk terhindar dari handphone yang panas, pastikan bluetooth, WiFi, GPS telah dimatikan. Karena biasanya orang suka lupa untuk mematikan fitur tersebut setelah digunakan. Hal itu juga berpengaruh terhadap ketahanan baterai.

3. Kurangi Penggunaan Aplikasi Bersamaan

Solusi yang selanjutnya adalah biasanya orang menggunakan aplikasi banyak sekaligus itu membuat handphone cepat panas. Penggunaan aplikasi secara bersamaan seringkali dianggap hal yang remeh oleh kebanyakan remeh padahal ini juga penting untuk performa dan kinerja handphone.

4. Mengistirahatkan Handphone

Setelah dipakai secara terus menerus beri handphone waktu untuk istirahat. Karena tidak hanya bisa menyebabkan panas bisa juga merusak handphone. Apalagi jika saat di charge masih digunakan, hindari yang seperti itu.

Atau bisa juga dengan apabila mencharge handphone bisa dimatikan. Itu akan membuat handphone beristirahat dan akan membuat baterai tahan lama.

5. Menggunakan Aplikasi Pendingin

Ada banyak sekali aplikasi pendingin hp android yang dapat berfungsi mendinginkan hp secara otomatis saat suhu mulai panas. Ada banyak aplikasi semacam ini, anda bisa membaca artikel mengenai 5 Aplikasi Pendingin Hp Otomatis Biar Main Game Tidak Panas.

Baca juga:

Penting memang untuk menjaga handphone tidak panas. Karena jika handphone panas bisa banyak masalah yang timbul. Seperti kinerja handphone akan menjadi lambat. Dan bisa berefek pada boros baterai.

Simak juga:  Cara Pasang atau Menambahkan Font PicSay Pro Android

You May Also Like

About the Author: Arifin